Mencegah Stretch Mark pada Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa-masa yang sangat membahagiakan bagi ibu hamil. Tetapi, bagaimana perasaan Anda sebagai ibu hamil jika pada bagian tubuh Anda yang sangat Anda sayangi muncul guratan akibat kehamilan Anda? Tentu Anda akan merasa sangat sedih.
Guratan pada beberapa tubuh ibu hamil atau yang biasanya disebut dengan stretch mark timbul karena adanya peregangan pada kulit saat sang ibu mengandung. Selain itu, kebanyakan ibu hamil mengalami penurunan pembentukan jaringan elastin dan kolagen sehingga timbul garis-garis pada kulit. Biasanya terdapat pada perut, dada, pantat, dan paha.
Untuk wanita yang sangat memperhatikan penampilan, stretch mark tentu sangat mengganggu dan kadang kala dianggap sebagai masalah yang sangat besar. Hati-hati, emosi ibu hamil sangat berpengaruh pada perkembangan janin. Jadi, berikut ini kami memberikan beberapa tips untuk mencegah timbulnya strech mark, sebagai berikut :

1. Menjaga Kelembaban Kulit
Gunakan cream pelembab untuk menjaga kelembaban kulit Anda terutama pada bagian-bagian yang mudah kering terutama pada bagian yang rawan timbul stretch mark.

2. Memperhatikan Bahan Pakaian yang Sesuai untuk Ibu Hamil
Kain katun dan kaos adalah pilihan yang tepat untuk ibu hamil karena dapat menyerap keringat. Selain itu kenakan baju yang cukup longgar agar kulit bisa bernafas. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa gatal akibat keringat yang berlebihan.

3. Meningkatkan Elastisitas Kulit
Sayur mayur dan buah-buahan dapat meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu minum air putih yang cukup sangat bermanfaat untuk elastisitas kulit.

4. Gunakan Cream Anti Stretch Mark
Konsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya. Cobalah untuk mengoleskan sedikit saja, jika tidak timbul hal-hal yang tidak diinginkan, hal ini dapat Anda lanjutkan. Penggunaan cream anti stretch mark lebih dianjurkan pada saat pasca melahirkan.

5. Olah Raga Ringan
Olah raga ringan dilakukan untuk mengatur kenaikan berat badan secara berkala dan tetap. Hal ini untuk menghindari peregangan kulit secara mendadak yang mengakibatkan guratan pada kulit.

6. Mengonsumsi Vitamin E
Vitamin E berfungsi menjaga kekencangan dan kesehatan kulit.

7. Menggunakan Pelembab Pijat yang Aman
Pemijatan dengan Almond oil, krim yang mengandung vitamin E, cocoa butter, wheat gern oil dapat digunakan untuk menghilangkan guratan kulit. Tetapi ingat, hati-hati melakukan pijatan pada saat kehamilan.

8. Jangan Digaruk
Menggaruk hanya akan menambah parah guratan, jadi usahakan meyibukkan diri Anda sejenak untuk melupakan rasa gatal yang timbul. Atau gunakan bedak gatal yang aman untuk ibu hamil.

Demikian beberapa tips untuk mencegah timbulnya stretch mark pada ibu hamil. Jangan biarkan hal ini mengganggu tumbuh kembang janin Anda karena kontak emosi Anda sangat berpengaruh pada kandungan Anda


Link lain :



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.